PT ASDP Indonesia Ferry Membeli 6 Ferry Bekas

Untuk mengurai penumpukan dan kemacetan berkepanjangan di Merak, PT Indonesia akan membeli 6 bekas dan 2 baru dengan anggaran yang disiapkan sekitar Rp700 miliar.

“Kapal ini nantinya untuk memperkuat angkutan penyeberangan di Merak-Bakauheni, Sibolga-Nias dan Ketapang-Gilimanuk,” tutur Direktur Usaha ASPD . ““Pengadaan kapal ini melalui tender dan kapal akan didatangkan dari Jepang, ” imbuhnya.

Menurutnya, dana sebesar itu berasal dari pinjaman bank serta anggaran internal perusahaan. Sedangkan yang akan menjadi prioritas yakni kapal bekas karena lebih cepat didatangkan. “Kemungkinan Oktober ini dua kapal bekas yang didatangkan lebih dulu sudah beroperasi,” jelasnya.

Prasetyo merinci, empat kapal bekas dan dua kapal baru nantinya akan melayani penyeberangan di Merak-Bakauheni. Sedangkan untuk Sibolga-Nias dan Ketapang-Gilimanuk masing-masing akan mendapat satu kapal bekas.

Nantinya, jenis kapal yang akan didatangkan akan disesuaikan dengan pelabuhan. “Kalau untuk kapal baru, kemungkinan kami akan memilih kapal yang memiliki bobot 8-10 ribu GT.” Kata Prasetyo.

(Minggu, 12 Juni 2011 - 18:01 WIB, http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2011/06/12/atasai-antrean-truk-di-merak-enam-feri-bekas-dibeli)

Artikel Lain :