Rencana dikembangkan Pelabuhan Ekspor-impor Krueng Geukueh Lhokseumawe

Realisasi sejumlah program pemerintah yang ada dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (), di mana Provinsi Aceh termasuk salah satu di dalamnya, diharapkan akan dapat membuka banyak lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan warga di daerah itu.

“Jika program dari MP3EI ini berjalan dengan baik di lapangan, maka pekerjaan dan pendapatan warga Aceh bisa terjamin, kata Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar, Rabu (8/6).

Dikatakan, dirinya sengaja memperjuangkan habis-habisan agar Aceh menjadi bagian langsung dari road map ekonomi nasional yang dituangkan dalam MP3EI, jangan lagi berada di bawah Sumatera Bagian Utara adalah untuk tujuan kesejahteraan rakyat, peningkatan pendapatan masyarakat, Pemda dan negara, menghilangkan pengangguran dan menjamin terciptanya lapangan kerja.

Dengan demikian warga Aceh tidak perlu lagi capek-capek dan memaksakan diri pergi ke luar daerah atau ke luar negeri untuk dapat bekerja dengan gaji rendah di masa mendatang, ujarnya.

Nazar menjelaskan, realisasi program MP3EI ini akan berjalan efektif sesuai dengan kesiapan daerah, termasuk lahan, dan aturan-aturan main yang diperlukan.

Untuk tahun ini, akan segera direalisasikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) I dan II Krueng Peusangan dengan nilai investasi mencapai Rp3,5 triliun yang diharapkan selesai pada 2014 dengan kapasitas 86 Mega Watt (MW) sebagai pendukung pusat pangan yang telah masuk dalam MP3EI.

Pada tahun depan juga akan dikembangkan secara besar-besaran pelabuhan ekspor-impor Krueng Geukueh, Lhokseumawe senilai Rp1,250 triliun serta pendukung lainnya yang tersebar di berbagai kabupaten/kota dalam wilayah provinsi paling ujung barat pulau Sumatera tersebut.

Selain itu, tidak kurang dari Rp20 triliun yang diusulkan Wagub Aceh untuk pembangunan pusat pangan terpadu dari hulu hingga ke hilir di Aceh baik sektor pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan dengan sumber dana di luar APBN dan realisasinya mulai tahun ini hingga 2014 untuk tahap pertama

(http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=98193:mp3ei-membuka-lapangan-kerja&catid=42:nad&Itemid=112)

Artikel Lain :