Jerman Capai Rekor Ekspor Tertinggi

FRANKFURT – pada Maret lalu melonjak ke level tertinggi, seiring tumbuhnya perekonomian global yang mendorong naiknya permintaan barang dan jasa.

Pada bulan ketiga tahun ini, nilai ekspor Jerman mencapai 98,3 miliar euro (USD142 miliar), lebih tinggi 7,3% dibandingkan Februari. Selain melonjaknya pengiriman ke luar negeri,impor Jerman pada bulan yang sama juga naik 3,1% menjadi 79,4 miliar euro. ”Kedua data tersebut adalah rekor tertinggi sejak pemerintah Jerman membukukan data ekspor-impor pada 1950,” kata Kantor Pusat Statistik Jerman Destatis kemarin.

Menurut Destatis, secara tahunan kinerja ekspor-impor Jerman membuat surplus perdagangan pada Maret naik 11% menjadi 18,9 miliar euro (USD27 miliar).Khusus Maret, surplus perdagangan Jerman naik menjadi 15,2 miliar euro. ”Jerman sedang memasuki dekade keemasan,”kata analis Barenberg Bank Christian Schulz kemarin. Hal senada disampaikan analis ING Group Carsten Brzeski.Menurutnya,ekonomi Jerman saat ini sedang menikmati ”pelayaran yang lembut”.

Dia bahkan memastikan sejak resesi, secara keseluruhan ekspor Jerman mengalami kenaikan 30% dan kembali ke level sebelum krisis. Membaiknya ekspor Jerman juga mendorong surplus neraca berjalan, yang merupakan ukuran keseimbangan pembayaran luar negeri dengan mitra dagangnya naik menjadi 19,5 miliar euro.

Berdasarkan data Destatis, Jerman terbesar terjadi ke China yakni sebesar 15,8%,sementara impornya naik 16,9%. Masih menurut Destatis, pengiriman terbanyak secara tahunan terjadi ke luar wilayah Uni Eropa, di mana peningkatannya mencapai 20%. Hal ini menunjukkan perekonomian di luar Eropa masih menjanjikan seiring pertumbuhan ekonomi di negara-negara berkembang.

Pekan lalu Federasi Produsen Manufaktur Jerman menyatakan, pesanan untuk produk permesinan dari negara emerging market pada kuartal I/2011 tumbuh 31%. Padahal, di dalam negeri sendiri, produksi industri Jerman pada Maret turun 4%.BBC/AFP/yanto kusdiantono

(ref: http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/397673/)

Artikel Lain :