Jasa Ekspedisi

Jasa sekarang menjadi sangat dibutuhkan oleh semua perusahaan di manapun di seluruh dunia. Kebutuhan akan jasa ekspedisi ini dikarenakan dengan kemajuan dunia ini maka kebutuhan akan lalu lintas barang semakin besar. Semakin modern, perusahaan juga mulai profesional, tidak seperti dahulu perusahaan memiliki armada untuk logistik sendiri, saat ini perusahaan lebih fokus pada lini bisnis nya masing-masing, urusan logistik diserahkan kepada perusahaan yang profesional di bidang logistik yaitu peruahaan jasa ekspedisi.

==================================================================

ANDA MEMBUTUHKAN JASA EKSPEDISI? SILAHKAH HUBUNGI KAMI ! SILAHKAN TANYAKAN HAL APAPUN MENGENAI JASA EKSPEDISI, TEAM KAMI AKAN MEMBANTU MENJAWAB PERTANYAAN ANDA.

==================================================================

Cara Memilih Jasa Ekspedisi Barang

Pengiriman paket/barang baik dekat, jauh, antar kota, antar propinsi, luar kota, dalam pulau, luar pulau atau bahkan ke luar negeri sekalipun adalah resiko dan tanggung jawab tambahan dalam melakukan proses bisnis yang dijalankan, dan untuk menghindari resiko barang tidak sampai, barang salah kirim atau barang rusak saat pengiriman maka kita harus lebih cermat dalam memilih serta memperhatikan ekspedisi atau penyedia jasa pengiriman yang akan kita pakai.

Beberapa langkah yang seharusnya dilakukan dalam mengirim barang (paket) adalah :

1. Mengetahui alamat yang dituju selengkap mungkin.
2. Berat barang yang akan dikirim.
3. Jenis/kelompok barang yang akan dikirim.

Setelah semua informasi di atas telah diketahui, maka langkah selanjutnya adalah memilih atau mencari informasi penyedia jasa pengiriman (ekspedisi), seperti informasi yang telah disampaikan pada tulisan sebelumnya, (red: Memilih Jasa Ekspedisi Guna Memperlancar Bisnis #1), kita akan dihadapkan pada banyak pilihan penyedia jasa ekspedisi dan untuk itu kita akan menilai kelebihan dan kekurangan dari penyedia jasa pengiriman tersebut.

Ketika kita membutuhkan jasa ekspedisi Barang, atau ketika akan kirim barang, kita dihadapkan oleh beberapa pilihan yang terkadang cukup membingungkan. Tidak hanya karena banyaknya jasa ekspedisi saja, namun juga menyangkut service, harga, ketepatan waktu hantaran, jenis transporter, dan lain hal yang terkesan membingungkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita gunakan sebagai rujukan sebelum kita memutuskan untuk memilih jasa cargo.

1. Ketepatan dan ketepatan waktu hantaran

Transporter via udara atau pesawat terbang adalah perusahaan jasa cargo yang mengkhususkan diri untuk memberikan service pengiriman lewat pesawat terbang. Ketepatan waktu jenis layanan ini cukup bisa diandalkan, kecuali pada momen momen liburan seperti lebaran, tahun baru dan natal. Karena pada situasi pick season seperti itu, biasanya airlines overload, sehingga mengurangi performa service cargo / ekspedisi angkutan barang. Moda transportasi jenis ini tariff pengirimannya paling mahal.

Transporter via kereta express adalah perusahaan jasa cargo /ekspedisi angkutan barang yang mengkhususkan diri untuk memberikan service pengiriman lewat kereta express (kereta argo anggrek dan kereta express bima). Kedua kereta tersebut sebenarnya adalah kereta penumpang express, yang dilengkapi dengan satu gerbong barang di belakang. Ketepatan waktu jenis layanan ini cukup bagus, karena ketepatan jadwal kereta express selama ini bisa di andalkan. Kelemahan dari layanan ini adalah ababila ada kecelakaan kereta, sehingga bisa dipastikan akan ada keterlambatan barang.

2. Garansi

Ada baiknya seorang pelanggan sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa ekspedisi meminta penjelasan tentang garansi yang bisa diberikan perusahaan tersebut berkenaan dengan barang kiriman. Teleponlah customer service untuk meminta penjelasan tentang hal hal berikut ini :Garansi ketepatan waktu, yaitu permintaan garansi apa yang bisa diberikan jasa cargo berkenaan dengan ketepatan waktu yang dijanjikan. Hal ini penting, karena garansi waktu sangat terkait erat dengan moda transportasi yang digunakan, dan biaya kirim.

3. Servis

Sebelum mengirim barang dengan cara ekspedisi angkutan barang, hal lain lagi yang perlu dipahami menyangkut servis dan teknis pengiriman barang, diantaranya adalah sebagai berikut :

Door to door, adalah jenis layanan cargo / ekspedisi angkutan barang dimana pelanggan tinggal telepon ke jasa cargo dan mereka akan pick up (mengambil barang) untuk di teruskan ke kota tujuan dan delivery ke alamat yang dimaksud. Service ini paling enak bagi pelanggan, namun biaya yang ditimbulkan (tariff) paling mahal.

4. Spesialisasi

Spesialisasi juga merupakan salah satu factor yang harus diperhatikan sebelum menentukan jasa cargo /ekspedisi barang. Ada beberapa perusahaan yang mengkhususkan diri pada penggunaan jenis transporter tertentu.

5. Harga

Biasanya harga adalah faktor penentu dari kelima faktor diatas. Untuk itu perlu sekali dianalisa tentang ketepatan waktu dan moda transportasi apa yang paling tepat untuk disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Kalau anggaran melimpah, mungkin kiriman via udara adalah alternatif yang baik.

PT. Jorindo Sakti Utama adalah perusahaan yang bergerak di bidang logistik, broker pabean, jasa impor, , jasa custom clearance, jasa pengurusan perizinan-perizinan dan juga jasa ekspedisi.

Artikel Lain :