Indonesia tetap akan impor beras dari Thailand

BANDUNG - Kementerian Pertanian mengatakan akan mengurangi beras pada 2012. Namun pada kenyataannya, pada 2011 ini saja, masih akan terus dilakukan.

Wakil Rusman Heriawan mengatakan, ini seperti bumerang yang kembali menyerang Kementerian Pertanian.

“Ya tahun depan insya Allah berkuranglah, karena apa, kita kan tidak menghendaki ya adanya impor tersebut. seolah-olah kita gagal menjamin stok dalam negeri dari stok kita sendiri ya,” ungkap Rusman di Bandung, Minggu (27/11/2011).

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk impor 2011 masih akan dilakukan dan beras akan didatangkan dari Vietnam dan Thailand meskipun sedang dilanda banjir.

“Sebenernya ini masih simpang siur ya, yang saya dengar masih akan ada dari Vietnam, dari Thailand tadinya dia akan stop karena ada banjir. Tapi dia masih koma, ya artinya masih memungkinkan,” jelas Rusman.

“Dia kan harus berhitung ketahanan pangannya juga ya, cadangan berasnya kalau masih dianggap aman, masih ada kemungkinan Thailand membuka keran ekspornya,” tambahnya.

Bukan hanya itu, Indonesia juga dikatakan akan mengimpor beras dari India dan Pakistan walaupun tipikal beras yang diimpor ini agak berbeda. “Tipikal berasnya pera, kaya beras priani juga, walaupun sebagian masyarakat kita tidak begitu suka juga kecuali Sumatera Barat,” pungkasnya. (ade)

http://economy.okezone.com/read/2011/11/27/320/534848/ri-masih-akan-impor-beras-thailand  (Minggu, 27 November 2011 18:18 wib)

Artikel Lain :