Ekspedisi Cargo

Ekspedisi Cargo; Bagi pembaca yang mempunyai suatu usaha dan sering melakukan (ekspedisi cargo) ke luar daerah, sekarang tidak perlu repot-repot lagi dalam mengatur tersebut karena sekarang sudah banyak sekali perusahaan jasa yang baik dan mempunyai layanan yang bagus, baik dari segi kecepatan pengiriman maupun keamanan barang tersebut.

Beberapa hal berikut yang bisa dijadikan pertimbangan dalam proses pengiriman barang:

Packing

Jenis packing maupun kekuatan packing sangat mempengaruhi apakah barang bisa selamat tiba tanpa kerusakan yang berarti. Dalam proses packing ini perlu dilihat beberapa hal: Jenis barang (pecah belah, cairan, makanan, dan sebagainya) Beberapa ekspedisi tidak mau mengangkut barang pecah belah jika packing yang kita buat tidak kuat. Untuk pecah belah biasanya dilakukan packing tambahan berupa packing kayu.


Jika kita mengirim barang melalui udara, sebaiknya tanyakan dulu ke perusahaan ekspedisi tersebut seberapa besar / berat yang diperbolehkan. Karena untuk tujuan-tujuan tertentu kita tidak boleh mengirim berat barang lebih dari jumlah yang ditentukan. Misal hanya dibatasi per koli cuma 100 kg saja. Lebih dari 100 kg harus dibagi menjadi 2 koli. Hal ini bisa jadi dikarenakan memang aturan dari operator pesawat. Begitu juga dengan dimensi/ukuran barang.


Bisa menggunakan truck atau bisa dan juga sekarang ada yang menyediakan “Wagon Bus” dimana bentuknya seperti Bus tetapi hanya untuk angkut barang saja. Carilah perusahaan ekspedisi (ekspedisi cargo) yang mempunyai jasa pengiriman yang sudah terjadwal setiap hari-nya. Memang cukup sulit mengetahui apakah suatu perusahaan ekspedisi itu mempunyai jadwal yang tetap atau tidak. Banyak juga perusahaan ekspedisi yang menunggu memberangkatkan barang sampai mereka mendapatkan muatan penuh baru berangkat.


Jika muatan banyak (misal 20 – 25 M3) sebaiknya kita booking saja 1 container 20 feet. Atau booking 1 truk dimana nantinya truk tersebut akan naik keatas kapal. Jika barang pembaca sedikit memang mau tidak mau barang kita harus digabung dengan barang-barang lain.

Ketika kita membutuhkan jasa ekspedisi cargo atau jasa Angkutan Barang, atau ketika akan kirim barang, kita dihadapkan oleh beberapa pilihan yang terkadang cukup membingungkan. Tidak hanya karena banyaknya jasa ekspedisi saja, namun juga menyangkut service, harga, ketepatan waktu hantaran, jenis transporter, dan lain hal yang terkesan membingungkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita gunakan sebagai rujukan sebelum kita memutuskan untuk memilih jasa ekspedisi cargo.

1. Ketepatan dan ketepatan waktu hantaran
Transporter via udara atau pesawat terbang adalah perusahaan jasa ekspedisi cargo yang mengkhususkan diri untuk memberikan service pengiriman lewat pesawat terbang. Ketepatan waktu jenis layanan ini cukup bisa dipembacalkan, kecuali pada momen momen liburan seperti lebaran, tahun baru dan natal. Karena pada situasi pick season seperti itu, biasanya airlines overload, sehingga mengurangi performa service ekspedisi cargo / ekspedisi angkutan barang. Moda transportasi jenis ini tariff pengirimannya paling mahal.

Transporter via kereta express adalah perusahaan jasa ekspedisi cargo/ekspedisi angkutan barang yang mengkhususkan diri untuk memberikan service pengiriman lewat kereta express (kereta argo anggrek dan kereta express bima). Kedua kereta tersebut sebenarnya adalah kereta penumpang express, yang dilengkapi dengan satu gerbong barang di belakang. Ketepatan waktu jenis layanan ini cukup bagus, karena ketepatan jadwal kereta express selama ini bisa andalkan. Kelemahan dari layanan ini adalah ababila ada kecelakaan kereta, sehingga bisa dipastikan akan ada keterlambatan barang.

2. Garansi
Ada baiknya seorang pelanggan sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa Angkutan Barang meminta penjelasan tentang garansi yang bisa diberikan perusahaan tersebut berkenaan dengan barang kiriman. Telponlah customer service untuk meminta penjelasan tentang hal hal berikut ini:

Garansi ketepatan waktu, yaitu permintaan garansi apa yang bisa diberikan jasa ekspedisi cargo berkenaan dengan ketepatan waktu yang dijanjikan. Hal ini penting, karena garansi waktu sangat terkait erat dengan moda transportasi yang digunakan, dan biaya kirim.

3. Service
Sebelum mengirim barang dengan cara ekspedisi angkutan barang, hal lain lagi yang perlu dipahami menyangkut service dan teknis pengiriman barang, diantaranya adalah sebagai berikut :

Door to door, adalah jenis layanan ekspedisi cargo / ekspedisi angkutan barang dimana pelanggan tinggal telepon ke jasa ekspedisi cargo dan mereka akan pick up (mengambil barang) untuk di teruskan ke kota tujuan dan delivery ke alamat yang dimaksud. Service ini paling enak bagi pelanggan, namun biaya yang ditimbulkan (tariff) paling mahal.

4. Spesialisasi
Spesialisasi juga merupakan salah satu factor yang harus diperhatikan sebelum menentukan jasa ekspedisi cargo /ekspedisi barang. Ada beberapa perusahaan yang mengkhususkan diri pada penggunaan jenis transporter tertentu.

5. Harga
Biasanya harga adalah faktor penentu dari kelima factor diatas. Untuk itu perlu sekali dianalisa tentang ketepatan waktu dan moda transportasi apa yang paling tepat untuk disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Kalau anggaran melimpah, mungkin kiriman via udara adalah alternatif yang baik. Sementara itu, kalau ingin melakukan evisiensi, maka ekspedisi cargo via darat dan kereta adalah jawabannya. -tulisan ini diambil dari berbagai sumber dan ditulis ulang dengan judul Ekspedisi Cargo.

Artikel Lain :