China tambah daftar larangan impor Taiwan

Pemerintah China menambah jumlah produk impor asal Taiwan yang dilarang setelah pihak berwenang di Taipei memperingatkan jika produk-produk itu tercemar bahan kimia yang digunakan dalam plastik, ungkap media pemerintah hari ini.

Beijing telah menunda impor 812 produk termasuk minuman, makanan dan bahan aditif, meningkat dari 22 pada pengumuman Rabu lalu, menurut kantor berita resmi Xinhua mengutip Administrasi Umum Pengawasan Kualitas, Inspeksi dan Karantina.

Filipina, Hong Kong dan Korea Selatan juga telah membatasi impor atau penjualan makanan dari pulau yang perekonomiannya bergantung pada ekspor itu setelah kewaspadaan ditingkatkan terkait bahan kimia DEHP, yang dapat menyebabkan kerusakan hormon pada anak-anak.

Beijing menghentikan impor minuman olahraga buatan Taiwan, jus buah dan selai yang telah disebut Taipei berpeluang mengandung DEHP berlebihan, dan menerbitkan daftar 245 perusahaan dari pulau itu yang produknya dilarang.

Hal itu akan menambah jumlah dalam daftar, kata pengawas kualitas China sebelumnya.

Taiwan pekan ini mulai mendorong pemeriksaan untuk memastikan minuman olahraga, jus dan tiga kategori produk lain tidak tercemar dengan DEHP atau lima bahan kimia lainnya, setelah peningkatan kewaspadaan pertama dilakukan pada 24 Mei dengan penarikan besar-besaran.

Mereka kemudian menarik kembali lebih dari 460 ribu botol minuman olahraga dan jus setelah beberapa minuman yang diproduksi lokal diproduksi ditemukan mengandung bahan plastik, yang menimbulkan kecemasan akan keamanan makanan terburuk dalam beberapa dasawarsa terakhir.

Pihak berwenang telah menangkap pemilik perusahaan yang menggunakan DEHP yang jauh lebih murah dari kelapa sawit dalam produk-produk yang dipasok ke puluhan pembuat minuman lokal. (tw)

(04 June 2011 @ http://www.bisnis.com/ekonomi/global/25957-china-tambah-daftar-larangan-impor-taiwan)

Artikel Lain :